SELAMAT DATANG

Senin, 20 April 2009

Mengatasi Masalah Kehilangan Data di Flashdisk akibat Virus Aang.

Pada suatu waktu saya sempat kaget dan kebingungan, karena data di Flashdisk saya tiba-tiba hilang, terutama data yang tersimpan diluar Folder. Betapa kecewanya saya saat itu sebab banyak tulisan atau karya saya yang tersimpan di luar Folder namun belum sempat dicopykan ke Harddisk. Maklum sebagai tenaga pengajar saya memiliki aktifitas dengan tingkat mobilitas tinggi. Jadi dimana ada komputer yang bisa saya gunakan baik di rumah , kelas, lab komputer maupun di kantor, maka disanalah saya membuat tulisan baik berupa bahan ajar maupun tugas lainnya.
Saya jadi bertanya ,”kenapa data saya hilang ?”. Akhirnya pertanyaan itupun terjawab ketika saya mengaktifkan Show hidden files and folders yang berada pada menu Tool di Windows Explore kegunaanya untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi di media penyimpanan data. Akhirnya nampak di Flashdisk saya terdapat file dengan nama : The_Legend_Of Aang. VBS

Setelah saya pelajari ternyata virus tersebut diciptakan oleh pembuatnya sebagai alat untuk menyadap data (membajak data) yang ada di flashdisk yang tersambung dengan PC. Cara kerjanya yaitu dengan mengcopykan seluruh Folder beserta isinya dan meng- Cut data yang ada di luar folder kemudian mem Paste kannya ke Harddisk komputer tersebut.
Walaupun data punya saya tidak terselamatkan, Alhamdulillah akhirnya tanpa disengaja saya menemukan cara untuk menyelamatkan data yang ter bajak oleh virus tersebut. Adapun cara untuk mengetahui dimana file tersebut berada ikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka Explorer (Klik kanan pada start kemudian explorer)
2. Setelah explorer kebuka, buka direktori C:\WINDOWS\system32\RemovableCache , Itu adalah direktori tempat penyimpanan file-file yang telah dipindahkan oleh virus tersebut dari media penyimpanan seperti flashdisk.

Adapun Cara Mudah untuk Menghapus Virus Aang.vbs:
Selamat Mencoba.

1 komentar:

indosichibukai(anime lovers) mengatakan...

assalamualaikum pak, saya Ismatullah Baehaki, mungkin bapak masih ingat kepada saya!
apa kabar pak? saya meminta ijin untuk menyampaikan saran saya, boleh kan pak?

untuk menghapus virus-virus seperti itu, coba pakai SMADAV, antivirus lokal(asli Indonesia).pemakaiannya mudah(tidak perlu insrtalasi).
SMADAV bisa didownload di : http://smadav.net/

terimakasih,

Assalamualaikum....




salam kepada staff dan gurur-guru di amanah......