SELAMAT DATANG

Minggu, 24 Mei 2009

Jalan-jalan ke Arboretum Situ Gede Kota Tasikmalaya, (Tempat tujuan alternatif kami berolahraga setelah Dadaha)

Hari Minggu saya dan istri beserta kedua anak kami pergi ke Situ Gede Kota Tasikmalaya untuk berolahraga. Ketika kami tiba di lokasi Situ Gede sudah banyak orang lalu-lalang jalan kaki, jogging maupun berkendara motor, mobil dan sepeda. Hari yang cerah menambah indahnya alam sehingga membuat kami semakin bersyukur akan nikmat dan karunia dari Sang Pencipta Allah SWT.
Namun sayang jalanan yang kami lalui sudah banyak yang rusak sehingga tidak nyaman untuk dijadikan tempat kami berjalan kaki disamping hilirmudiknya kendaraan motor yang membuat kami semakin tidak nyaman berada disana. Akhirya kami memutuskan untuk jalan pagi mengelilingi area situ (Arboretum) situ gede.
Dengan penuh semangat saya beserta dua anak dan Istri saya bergegas menuju ke area tersebut walau kadang sikecil Rizkia ingin di gendong. Akhirnya kami sampai di gerbang persimpangan antara jalan Irigasi dengan jalan yang mengelilingi pinggiran situ gede.
Kami melihat jalanan sudah dipasangi paping block. Dalam hati berkata Alhamdulillah sekarang kami dapat dengan leluasa berolah raga jalan kaki beserta keluarga tanpa ada gangguan hilirmudiknya kendaraan bermotor.
Belum berapa lama kami merasakan kenyamanan berjalan kaki tiba-tiba dari arah depan dan belakang kami datang motor yang menyalip kami dan para pejalan kaki lainnya, sehingga dalam hati kami bertanya “ Kok banyak motor yang lewat?. Kirain tempat ini khusus bagi pejalan kaki ?. “. Pantas diantara jalan yang dipasang paving block ada potongan batang pohon kelapa yang dipasang melintang , namun pertanyaan itu tidak kami perpanjang sebab selama perjalanan kami lalu-lalang motor sering kami jumpai.
Sayang, tempat sebagus dan seindah Arboretum situ gede yang mungkin pembuatannya ditujukan bagi para wisatawan yang ingin berolahraga atau berwisata mengelilingi situ gede yang jauh dari polusi udara dan gangguan kendaraan tidak terpenuhi.
Pengelola seharusnya tegas kepada para pengendara motor supaya tidak memasuki areal tersebut. Penduduk kota Tasikmalaya dan sekitarnya mungkin banyak yang merindukan tempat berolahraga dan rekreasi yang alami dan jauh dari polusi.
Dulu Dadaha menjadi pusat olahraga, tapi sekarang jika hari Minggu penuh dengan pedagang dan lalu lalang kendaraan bermotor.
Sekarang Situ Gede menjadi alternatif pilihan warga Kota Tasikmalaya dan sekitarnya untuk berolahraga terutama pada hari Minggu dan liburan, namun mungkin entah 2 tahun atau entah berapa lama lagi situgede dapat menjadi tempat yang nyaman untuk berolahraga dan berekreasi . Sebab sekarang saja sudah bermunculan para pedagang kakilima dan bangunan -bangunan kumuh yang berada di sekitar area Situ Gede.
Entah di mana lagi warga Kota Tasikmalaya mencari arena berolahraga dan rekreasi yang nyaman apabila situ gede telah penuh dengan hiruk pikuk orang dan lalulalang kendaran serta pedagang kakilima dan bangunan kumuh berada di mana-mana.

(De.73)

Tidak ada komentar: